Thursday, January 1, 2015

Sekilas Tentang Nusa Penida

nyamenusanet.blogspot.com - Nusa Penida merupakan pulau kecil yang menjadi bagian dari wisata Pulau dewata Bali. Nusa Penida terletak di sebelah selatan pulau Bali yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten klungkung.

Nusa Penida terdiri dari 3 pulau yang menjadi sebuah kecamatan. Ketiga pulau itu adalah Pulau Ceningan, Pulau Lembongan dan  Nusa Penida “Nusa Gede”. Jarak Kecamatan Nusa Penida dengan pulau Bali yang terhubung oleh laut menyebabkan akses informasi dan  perhatian pemerintah dirasakan relative masih minim. Ini ditandai dari pembangunan infrastruktur  seperti  jalan, air dan fasilitas public lainnya masih jauh dari klungkung daratan. 

Pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan beberapa gambaran tentang Nusa Penida walaupun datanya sudah lumayan lama tetapi sedikit tidaknya bisa memberikan gambaran secara sepintas bagaimana sih Nusa Penida itu.

Aturan adat Pulau Nusa Penida pada umunnya dituangkan dalam awig-awig (Hukum adat) yang dihasilkan dari kesepakatan (pararem) bersama. Peraturan adat di pulau ini masih kuat dan mengikat, salah satunya adalah aturan adat yang melarang masyarakatnya untuk tidak mengambil pasir di laut, masyarakat akan dikucilkan dari Banjar Adat jika melakukan tindakan melanggar norma kesusilaan dan terdapatnya aturan tentang pelarangan penangkapan burung. 


Pemenuhan akan kebutuhan air bersih penduduk Pulau Nusa Penida diperoleh dari sumber mata air  dan juga berasal sumur gali/ bor serta  berasal dari air hujan yang  ditampung di Cubang. ini beberapa sumber mata air yang ada di nusa penida:




 Kawasan pariwisata Nusa Penida diarahkan kedalam 7 (tujuh) Kawasan Efektif Pariwisata (KEP), yaitu KEP Lembongan, Jungutbatu, Sakti, Toyapakeh, Ped, Suana dan Ceningan. Kawasan non wisata yang direncanakan, adalah pertanian tanaman pangan (palawija), tanaman perkebunan/tahunan (jambu mete, kemiri, jati, jarak, dsb), peternakan, rumput laut dan perikanan tangkap serta industri kecil dan kerajinan. Selain itu, juga terdapat arahan pengembangan tentang pengelolaan kawasan berfungsi lindung.  

Berdasarkan hasil registrasi penduduk pada tahun 2008, jumlah penduduk di kawasan barat Pulau Nusa Penida adalah 24003 jiwa. Jumlah penduduk di Kecamatan Nusa Penida 47.448 jiwa

Itu sedikit gambaran singkat tentang pulau kecil Nusa Penida, walaupun sumber datanya sudah lama tapi sedikit tidaknya bisa membuka gambaran singkat tentang Nusa Penida.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan