Thursday, January 1, 2015

Destinasi Penyeberangan ke Nusa Penida

nyamenusanet.blogspot.com - Pulau Nusa Penida hanya bisa diakses melalui jalur laut. Mengapa demikian, karena pulau Nusa Penida merupakan pulau kecil dari Bali yang dimana didalamnya banyak terdapat tempat wisata yang belum diketahui orang banyak dan masih banyak orang yang belum mengetahui tempat dan biaya penyeberangan. Jika melalui  jalur udara, belum memungkinkan karena belum tersedia fasilitas Bandara. Titik pemberhentiannya pun sebagian besar berpusat di bagian utara dan timur Pulau sedangkan di bagian selatan dan barat sulit disinggahi kapal karena berbatasan langsung dengan tebing yang curam dan besarnya ombak dari Samudra Hindia. Ada lebih dari 6 pintu penyeberangan di Nusa Penida dengan tujuan area pendaratan yang berbeda di daerah daratan Bali.

Sarana transportasi sendiri tersedia mulai dari sampan tradisional dengan mesin tempel yang memiliki kekuatan sekitar 120 PK (Sampan), boat cepat (speed boat), kapal roro Nusa Jaya Abadi ( Transportasi utama) sampai kapal cruise yang sebagian besar bertujuan ke Nusa Lembongan.

Waktu yang diperlukan untuk masing-masing moda transportasi sangat bervariasi mulai dari 30 menit sampai ada yang harus sampai 1, 5 jam tetapi perlu diingatkan bahwa semua juga tergantung dari situasi dan kondisi alam. Anda bisa menentukan sendiri moda yang anda pakai yang pasti menyesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan anda.

Setiap perjalanan yang anda lakukan akan memberi pengalaman baru yang akan dengan kesan dan nuansa berbeda. Perjalanan lewat laut akan membawa anda menikmati indahnya laut nusantara dan birunya lautan yang begitu memukau.

Mari kita simak beberapa penyeberangan ke Nusa Penida :

 Kapal Roro (Roll of Roll on) Nusa Jaya Abadi
Kapal Roro Nusa Jaya Abadi

Jika anda ingin menyeberang dengan menggunakan kapal Roro anda terlebih dahulu harus menuju ke Pelabuhan Padang Bai yang berada di Desa Padang Bay, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Pelabuhan ini menjadi pintu utama penyeberangan untuk Bali ke wilayah timur Indonesia.
Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Denpasar dengan mengambil jalur timur yang searah menuju kabupaten Klungkung dan Karangasem. Dengan kapal roro memungkinkan anda untuk membawa lebih banyak barang bawaan termasuk mobil/sepeda motor. Keberangkatan dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu hari. Keberangkatan pertama jam 11.00 Wita dan yang kedua jam 13.00. Kapal ini memiliki kapsitas lebih dari 250 penumpang, puluhan sepeda motor dan kendaraan roda empat.
Perlu diketahui tarif Penumpang Kapal Roro Nusa Jaya Abadi per Desember 2014 :
Dewasa Rp.27.300,-/orang + Sepeda motor Rp.39.000,-/motor, sedangkan untuk mobil roda empat Rp. 277.800,-/mobil, utuk tarif Truck Rp. 355.000,-/Truck. Tariff ini berlaku per 1 juni 2014. Untuk lebih jelasnya daftar harga tiket Kapal Roro Nusa Jaya Abdai dapat dilihat pada Papan Pengumuman yang sudah ditempel pada masing-masing pelabuhan.

 Kapal tradisional (Sampan)
Sampan Pelabuhan Tradisional

Sampan yang berangkat dari Kusamba memerlukan waktu 1 jam perjalanan. Harga tiket lebih murah hanya Rp.25.000 per orang. Untuk pemberangkatan dari pelabuhan Kusamba, Sampan akan mendarat di Toya Pakeh, pemberangkatan dari banjar Bias akan mendarat di pelabuhan dekat kantor camat dengan harga tiket Rp. 35.000/orang, sedangkan yang dari Tri Buana akan  mendarat di Tambak, Banjar Mentigi (dekat Pelabuhan utama Nusa Penida) dan melalui sampan celebrity Rp. 65.000 di pelabuhan kampung, Kusamba.

 Boat Cepat (Fast Boat)
past Boat di Pelabuhan Padang Bay

Past Boat di Pelabuhan Sanur
Dengan Boat cepat biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin berlama-lama di laut. Perjalanan dengan fast boat hanya memerlukan waktu 30 menit sampai 45 menit perjalanan tetapi biaya yang dikeluarkan lebih mahal sekitar Rp.85.000. Boat cepat biasa berangkat dari Pelabuhan Padang Bay dekat kapal roro. Biaya tiket 35.000 dengan waktu tempuh 1 jam perjalananan dan mendarat di pelabuhan buyuk.
Sedangkan fast boat express berangkat dari Palabuhan Sanur (dekat matahari terbit) dengan tujuan Banjar Nyuh dan pelabuhan Buyuk dengan tarif 85.000. 

Bagi anda yang ingin ke Nusa Lembongan bisa memakai jasa Sampan dari Sanur dan fast boat dengan tarif 65.000 yang juga dari Sanur dan Pelabuhan benoa. Secara umum operasional dibuka mulai jam 08.00 sampai 16.00 yang juga menyesuaikan dengan kondisi di laut.

Setiap fast boat memiliki kapasitas yang berbeda mulai dari yang berkapasitas 15 orang sampai 60 orang. Fast Boat juga memiliki fasilitas lebih lengkap dan mungkin lebih nyaman serta cepat.

 Cruise (kapal cepat dan besar)
Perjalanan penyeberangan dengan cruise mungkin menjadi suatu hal yang istimewa tetapi tarif mahal mungkin menjadi kendala. Keberangkatan dengan cruises mulai dari Pelabuhan Benoa. Sebagian besar cruise bertujuan ke Nusa Lembongan kecuali Quicksilver cruise yang mendarat di Toya Pakeh.

Penyeberangan dengan Cruise menjadi pilihan utama bagi para wisatawan yang ingin berplesiran ke daerah wisata Nusa Lembongan. Ada beberapa cruise yang melayani rute Benoa – Nusa Lembongan antara lain; Bali Hai Cruise, Bounty Cruise, Sail Sensation, Marina dan banyak lagi yang lain.

Jalan-jalan ke Bali jangan lupa menggunakan Jasa kami Penyewaan Sepeda Motor termurah di Bali dengan pelayanan yang ramah dan pasilitas motor metic yang terbaru. Bisa dirasakan perbedaannya, 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan